Contoh Naskah Drama Komedi 5 Orang

03:59
Teks Drama


Drama adalah seuatu pementasan dan naskah adalah teks drama, jadi drama bukan drama jika belum di pentaskan ( itulah yang dikatakan guru Saya ). Drama memiliki 3 jenis yaitu komedi, tragedi, dan mellowdrama.

Yo. Membuat teks drama lumayan sulit untuk sebagian orang. Menurut Saya pribadi bagian yang sulit dalam membuat teks drama adalah menentukan tema dan ending. Kenapa tema dan ending?. Mikir aja sendiri ( Mulai lapar )

Yo, kali ini Saya akan membagikan sebuah karya tulisan yang Saya buat dengan tangan dan keringat Saya sendiri ( lebay dikit) yang berjudul " Mistery Pengapus Sipengelana "

Mistery Pengapus Sipengelana

Disuatu sekolah yang entah ada atau tidak. Hiduplah 3 orang remaja kelas 3 SMP. Mereka mengalami keadaan yang gelisah. Karena........

Sarah : “ Hey. Persiapan kalian buat UN apa aja? “
Tara : “ Ya belajar, berdo’a, dan berusaha “
Sarah : “ Kalo lu Jo? “
Jojo : “ Hmm, ada suatu hal yang buat gw gelisah “
Sarah : “ Apatuh? “
Jojo : “ Gw pengeng mecahin sesuatu yang masih ganjil di sekolah ini “
Sarah : “ Contohnya “
Jojo : “ Kemana perginya penghapus, pulpun, dan pensil “
Sarah : “ Ya pasti ada yang ngambilah “
Jojo : “ Iya, tapi siapa?. Sebelum orangnya ketemu gw ga bisa UN dengan tenang “
Bagas : “ Lagi ngomongin apanih “
Tara : “ Gimana kalo kita selidiku, siapa yang bertanggung jawab atas hilangnya benda itu “
Jojo + Sarah : “ Ayo! “ ( Pergi bersama Tara )
Bagas merenungi nasibnya diacuhkan teman-temannya.

Pada saat istirahat Jojo, Sarah, dan Tara sengaja menyimpan penghapus di pojok meja. Penghapus yang digunakan adalah penghapus putih yang sudah ditelanjangi dan diberi lubang di tengah-tengah menggunakan pensil. Mereka ber-3 terus memperhatikan penghapus itu sampai.

Abil : “ Gw pinjem penghapusnyayah “ ( Mengambil penghapus )
Jojo : “ Oke “
Abil : “ Nih “ ( Mengembalikan penghapus )
Sarah : “ Itu si Abil ga ngemodal bangetz. Penghapus aja menjim “
Jojo : “ Penghapus yang dipinjemkan punya gw. Kenapa lu yang sewot “
Bagas : “ Lagi ngapainnih? “ ( Ga sengaja jatuhin penghapusnya )
Tara : “ Ini lagi nyelidikin mistery telepor penghapus “
Bagas : “ Ooh. Penghapus yang mana? “
Jojo : “ Itu penghapus yang .... “ ( Nunjuk ke ujung meja )
Bagas : “ Yang mana? “
Sarah : “ Loh ko ilang? “
Bagas : “ Iyanih si Jojon ga bener “
Jojo : “ Gw Jojo. Tapi tadi penghapusnya ada “
Sarah : “ Jangan-jangan penghapusnya ada hantunya “
Bagas : “ Jangan mikir yang aneh-aneh. Sarap-sarap “
Sarah : “ Gw Sarah “
Bagas : “ Ya itu maksud Gw. Gw cabut duluyah “ ( Pergi dan penghapusnya ketendang )
Sarah : “ Gimananih Jo? “
Jojo : “ Kita cari dulu di bawah meja. Barangkali penghapusnya jatoh “
Tara : “ Bener jugatuh “ ( Liat ke bawah meja )
Tara : “ Ga ada Jo “
Jojo : “ Ah yang bener “ ( Liat ke bawah meja )
Jojo : “ Aah ini dia... buku gw yang ilang “
Tara : “ Kan kita cari penghapuslo jo “
Jojo : “ Bener juga ya “
Sarah : “ Tadi siapa aja yang datang kesini? “
Abil : “ Jo, gw pinjem penghapuslo lagi “ ( Datang )
Jojo : “ Ilang bil “
Abil : “ APAAA!? Kenapa, kenaaaapa?!!! “
Sarah : “ Lebay lo bil “
Abil : “ Yaaa, namanya juga usaha buat ngelucu “
Tara : “ Gimana kalo kita keliling kelas buat cari siapa pelakunya “

Mereka berempatpun berkeliling. Tapi di bel masuk sudah berbunyi jadi mereka melanjutkan mencari penghapus sepulang sekolah. Sementara itu

Bagas : “ Penghapus siapanih “ ( Ambil penghapus )
Jojo : “ Itu penghapus gw “ ( Nunjuk ke Bagas )
Sarah : “ Iya bener “ ( Mereka ber-4pun menghampiri Bagas )
Jojo : “ Jadi selama ini elo yang ngambil barang-barang di kelas kita “
Bagas : “ Haah?. Elo jangan ngaco yah Jo! “
Abil : “ Gw ga nyangka, elo yang udah gw anggap pembantu sendiri. Nyuri barang-barang temen gw! “
Bagas : “ Gw ga per.. ”
Jojo : “ Berisik lo! “ ( mukul Abil )
Abil : “ Loh kok gw yang dipukul “
Jojo : “ Ya lu tranfer pululannya ke Bagas “
Abil : “ Oke Jo “ ( Mukul Bagas )
Bagas : “ Loh. Kalian ngajak ribut! “

Terjadilah perkelahian yag diperlambat. Abil mukul dagu Bagas. Jojo mukul perut Abil.
Abil : “ Keeenaaapaaa loooo muuukkkuul gggww “ (Gerakan lambat)
Jojo mukul perus Bagas. Bagas membungkuk seperti di film-film
Bagas : “ Tidak mungkin. Aku-Aku kalah “ (terjatuh)
Jojo : “ Bawa dia. Kita introgasi “

Mereka mengikat Bagas di sebuah kursi. Kemudian mengintrogasinya.
Jojo : “ Bil, lu yang introgasi duluan “
Abil : “ Siap 69. Gimana caranya gintrogasi? “ ( Gampar Jojo )
Jojo : “ Ya elo beri Dia pertanyaan “
Abil : “ Siap!. 89+57-43:8 x 89 “ ( Gampar Bagas )
Tara : “ Ga kaya gitu juga bil “
Abil : “ Ooh. Apa jawaban ujian MTK nomor 10! “ ( Gampar Bagas )
Jojo : “ Aadeh “ (Tepuk jidat )
Sarah : “ Kenapa Kamu curi penghapus Jojo? “
Abil : “ Iya. Kenapa ga curi penghapus Tara aja “
Bagas : “ Gw ga nyu... “
Jojo : “Aah jangan bohong Kamu “ ( Mukul perut Bagas )
Tara : “ Jangan gitu juga Jo. Kasian si Bagas “
Abil : “ Jadi Kamu berseengkol dengan dia? “ ( Nunjuk Bagas )
Tara : “ Berseengkol?. Maksudlu bersekongkol “
Abil : “ Aaa. Begitulah “
Sarah : “ Udah-udah kenapa jadi pada berantemsih “
Tara : “ Iyanih dasar aneh “
Abil : “ Jadi Sarah. Kamu adalah parker Dia? “
Jojo : “ Yang bener itu partner. Lu kira ini film spiderman. Udahlah kalian ga perlu bela Dia “ ( Nunjuk Bagas )
Bagas : “ Tapi gw.. “
Semua kecuali Bagas : “ DIAM!! “
Tara : “ Tapi Dia juga manusia. Pasti Dia ga enak kalo kita giniin “
Abil : “ Bagas juga manusia punya rasa punya hati jangan samakan dengan ..”
Jojo : “ Jangan nyanyi “
Abil : “ Oke “
Jojo : “ Hmm. Jangan-jangan lo suka sama Bagas ya ra? “
Tara : “ Apasih lo “
Abil : “ Cuih cuih cuih “
Sarah : “ Yang bener itu cie bil “
Bagas : “ Gw ga nyuri penghapus Jojo. Tadi gw cuman nemu penghapusnya lalu pas gw ambil lupada langsung grebek. Lagian gw juga ga tau kalo itu penghapus Jojo “
Jojo : “ Ooh kaya gitu. Jadi kita cuman salah paham aja “
Abil : “ Jadi kita Cuma salah saham “
Tara : “ Yang bener paham bil. Iyanih elo juga jo, pake ada introgasi segala “
Jojo : “ Iya maaf maaf “
Bagas : “ Iya gw maafin. Gwnya juga gapapakok “
Sarah : “ Ooh gitu. Kita pulang yu “
Abil : “ Ayu “

Sarah, Abil, Jojo, dan Tarapun pergi keluar kelas dengan perasaan lega.


Bagas : “ Oy??, lupada mau kemana?. Lepasin dulu gw!!!. Oy!!! “
Bagas tertawa kecil
Bagas : “ Hehehe. Dasar. Sebenarnya selama ini, Akulah yang mencuri pensil, pulpen, dan penghapus di sekolah ini. Ghuahahaha Guahahahaha!!!! “
Jojo : “ Tuhkan apa yang gw bilang!! “ ( Kembali ke kelas dengan Abil, Tara, dan Sarah ) ( Bagas terkejut )


Akhirnya kedok Bagas sebagai pencuri ulung terbongkar. Masalah ini dibawa ke BK dan akhirnya Jojo dapat ujian dengan tenang

- TAMAT -
LIHAT NASKAH DRAMA LAINNYA DI -> Naskah Drama

Yo, sekian artikel atau post yang aneh dari Saya. Maaf kalo ada kesalahan. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga Kamu tidak kapok datang kemari,

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komennya. Jadi tinggalkanlah komen (?)

Mencoba bertahan hidup di dunia yang tenggelam dalam lumpur ini ...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
Nita
AUTHOR
16 May 2015 at 21:58 delete

Ehem, boleh gak kalau drama ini aku ambil? Tapi maaf sebelumnya, drama ini udah aku edit duluan sebelum sempat bilang. Untuk ambil nilai praktek drama di sekolah kok.
Nah, jadi gini. langsung ke intinya aja yah. Boleh gak kalau aku ngepost drama yang udah aku edit itu di blog aku?

Reply
avatar
15 November 2015 at 05:17 delete

ijin pake ceritanya buat tugas drama .. thnks :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 January 2016 at 17:59 delete

ciri ciri watak di tokoh ini apa yah?

Reply
avatar
Nia Qur'ani
AUTHOR
23 February 2016 at 01:07 delete

thanks atas naskah" dramanya... sangat membantu (y):)

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
17 March 2016 at 08:06 delete

Keren naskahnya.. izin pake ya.. Makasih banyak

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9 August 2016 at 05:27 delete

Perfect drama nya.. Good job! Saya izin untuk memakai drama ini ya.. Tetapi agak berbeda cerita.

Reply
avatar
tatavy liey
AUTHOR
11 December 2016 at 01:43 delete

assalamu'alaikum,,,saya mau izin pakai naskah ini buat drama di grup teatr baru kami. bolh ya???

Reply
avatar