Sunday 15 March 2015

7 Tips Membuat Cerita Pendek Atau Cerpen

Tips Mebuat Cerpen


Tips Membuat Cerita Pendek atau Cerpen -  Membuat cerita yang bermutu bisa dibilang mudah dan juga bisa dibilang sulit ( Abaikan ) hal itu tergantung sipembuat cerita. Sekarang saya mau menebarkan Tips Membuat Cerita Pendek atau Cerpen.

Sesuai dengan pangalaman pribadi Saya membuat cerita itu yang paling utama adalah tema dan judul yang menarik. Kenapa meski tema dan judul yang menarik?. Karena judul adalah hal yang pertama reader baca dan tema memiliki peran penting dalam sebuah cerita ( Nanya dan jawab sendiri ).

Saya sudah membuat cerita beberapa kali dan alhamdulillah responnya lumayan positif. Dan Saya menyimpulkan apa yang membuat cerita menarik dan bagus adalah sebagai berikut. Cedikot!

1. Tentukan Tema Yang Menarik
Seperti yang sudah Saya ketik di atas Tema yang menarik akan membuat pembaca terus membaca cerita Kamu sampai akhir. Jangan memakai tema yang sudah mainstream seperti cinta segitiga, daripada cinta segitiga mendingan cinta trapesium.

2. Pakai Genre Yang Kami Kuasai
Saya yakin Kamu memiliki minimal 1 genre yang Kamu kuasai. Jika Kamu orang yang humoris buatlah genre humor, jika Kamu romantis buatlah genre romantis, jika Kamu hantu buatlah genre horror, dan jika Kamu standar belajarlah.........

3. Munculkan Masalah Diparagraf Pertamax
Jika masalah muncul di tengah atau agak akhir sepertinya pembaca tidak akan sanggup membacanya dan akan berakhir di tengah-tengah.. Jadi keluarkan masalah utama pada paragraf pertama jika bisa, kalo ga bisa bisain aja...........

4. Pakai Gaya Bahasa ( Majas )
Penggunaan gaya bahasa atau majas membuat cerita Kamu lebih enak untuk dibaca, tapi jangan gunakan majas yang berlebihan karena hal itu dapat membuat sipembaca overdosis dan tidak mengerti apa maksud dari ucapan Kamu.

Pakailah Majas yang sederhana seperti pohon kelapa melambai-lambai, Dia mematung, dan yang lain sebagainya. Jika Kamu tidak bisa pakailah gaya bahasa Kamu sendiri. Gak ngerti? contohnya seperti artikel ini yang menggunakan bahasa aneh tapi dapat dimengerti.

5. Buatlah Kejutan-kejutan
Kalo dalam hal ini Saya lumayan mahir. Membuat kejutan-kejutan akan sangat mudah jika Kamu sudah menjadi anti mainstream seperti Saya ini, karena orang normal pada umunya tidak akan dapat membaca atau memprediksi orang anti maenstream.

Saya memiliki satu saran untuk kejutan, kenapa satu?. Kalo kasih banyak saran ntar cerita ane jadi mudah ketebak..... Buat musuh dalam selimut yang tak terduga, seperti teman dari teman dekat tokoh utama, kenapa teman dati teman?. Karena teman dekat menjadi musuh itu sudah terlalu biasa.

6. Pesan Moral
Cerpen yang tidak memiliki pesan morah rasanya kurang mantap,

7. Character Yang Kuat
Maksud dari kata "kuat" di atas bukan berarti kuat dalam artian hebat dalam berkelahi dan sebagainya, tapi maksud saya adalah character yang memiliki sifat yang menonjol dan berbeda dengan sift character lain.

Character yang kuat dapat memuat cerita anda lebih berasa. Buatlah beberapa Character yang memiliki sifat yang berbeda-beda. Jika sifat para character hampir sama rasanya itu kurang mantap. Dan hampir semua film, cerita, dan kartun memiliki beberapa character yang kuat

Yo, Sekian artikel Saya mengenai 7 Tips Membuat Cerita Pendek atau Cerpen. Semoga bermanfaat dan kata-kata aneh Saya dapat dengan mudah di cerna. Mohon maaf jika ada kata yang salah atau tidak berkenang. Terimakasih atas kunjungannya, jangan kapok ya datang kemari.

3 comments:

  1. Nice Blog, semoga di bulan maret yang penuh berkah ini blog anda semakin bermanfaat dan terus bisa membagika tulisan penuh karya bagi bangsa, thanks..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Viral Wisuda Madrasah

   Viral Joget Tiktok di Wisuda Madrasah