Cara Mudah Membuat Cerpen

18:02

Cara Mudah Membuat Cerpen


Cara Mudah Membuat Cerpen - Cerpen adalah sebuah karya tulis yang sering menjadi tugas anak sekolah, cerpen yang memenuhi standar sekolah itu memiliki unsur 5 W + 1 H, yang pastinya pasti sudah Kamu ketahui, secara 5 W + 1 H ini sering sekali di bahas dan sangat mudah untuk di ingat.

Di blog antah berantah Saya kali ini, Saya akan membagikan sebuah cara, tips, pencerahan, dan yang lain sebagainya mengenai Cara Mudah Membuat Cerpen. Saya sudah beberapa kali membuat Cerpen dan hasilnya lumayanlah.

Baiklah sebelum Kamu kabur dari blog ini karena basa-basinya yang sangat membosankan jadi langsung saja ke menu utama.

1. Tentukan Tema.

Membuat cerpen tanpa tema itu seperti memubat layangan tanpa kayu, atau rangkaiannya. Karena dari sebuah tema, barulah bisa di kembangkan dan bisa di buat sebuah cerita berupa cerpe atau yang lain sebagainya.

Tentukanlah tema yang pas dengan kemampuan Kamu dan kebutuhan Kamu, misalnya Kamu adalah seorang anak SMP yang mau membuat cerpen, buatlah cerpen yang sesuai dengan umurmu, misalnya tentang semangat belajar, pacaran, atau yang lain sebagainya, jangan buat cerpen mengenai nikah siri, dan hal lain yang berbau kedewasaan karena dapat membuat Kamu mendapatkan hadiah berupa tamparan dai guru.

Jadi intinya buatkah tema yang sesuai dengan dirikamu sendiri atau bisa dibilang yang Kamu suasai.

2. Buatlah Permasalahannya

Biasanya permasalahan ini ada sangkut pautnya dengan tema. Masalah dalam cerpen inilah yang biasanya membuat cerpen terlihat menarik.

3. Tentukan Tokoh

Tentukanlah sifat tokoh baik atau protagonis dan antagonis. Tentukan juga tujuan dari protagonis dan antagonis.

Misalnya Asep mau mengambil kelapa dan di cegah oleh Ijem. Kamu dapat menyimpulkan bahwa Asep adalah tokoh antagonis yang bertujuan jahat yaitu mengambil kelapa, dan dapat menyimpulkan bahwa Ijem adalaj tokoh protaonis karena Ijem berusaha mencegah Asep mencuri kelapa.

4. Buatlah Penyelesaian Masalah

Masalah ada untuk di selesaikan bukan untuk digosipkan. Cerpen tanpa penyelesaian masalah seperti penggorengan tanpa gagang, jadi pas makanan udah masak ga bisa di jait.

Buatlah penyelesaian masalah yang bisa menjawab semua masalah yang ada dan jangan biarkan ada suatu hal yang menggantung karena hal itu bisa menyebabkan rasa penasaran.

Misalnya penyelesaian dari contoh yang tadi si Asep dan Ijem, penyelesaiannya si Ijem berhasil menghentikan si Asep ngambil kelapa dengan cara menebang pohong kelapanya dan membuat Asep terjatuh.



Sekian artikel saya mengenai Cara Mudah Membuat Cerpen Semoga bermanfaat. Maaf jika ada kesalahan seperti typo atau yang lain sebagainya. Terimasih atas kunjungannya, jangan males ke sini hanya karena iklannya ya.

Mencoba bertahan hidup di dunia yang tenggelam dalam lumpur ini ...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
21 May 2015 at 20:36 delete

makasi infonya bos, saya juga lagi tertarik belajar bikin cerpen nih

Reply
avatar
22 May 2015 at 06:55 delete

Sama-sama broher sister father mother grang father :v *kidding

Reply
avatar